Rabu, 11 Mei 2022

Bongpay Cina Tradisi Pemakaman Tionghoa

Tradisi Pemakaman Tionghoa Menggunakan Bongpay Cina


Bongpay Cina
Bongpay Cina

Bongpay | Bongpay Cina | Tradisi Pemakaman Rakyat Tionghoa  - Bongpay dalam bahasa Mandarin disebut sebagai Mu-bei, sedangkan disini lebih terkenal sebagai batu nisan. Bongpay cina merupakan bagian terpenting dalam prosesi pemakaman, terutama untuk kaum etnis Tionghoa. Karena bongpay sendiri merupakan salah satu peninggalan tradisi prosesi pemakaman rakyat Tionghoa sebagai sarana penghormatan dan kebaktian terhadap para leluhur yang telah meninggal.

Bongpay cina biasanya dibuat dari batu alam yang bersifat keras, kuat dan tahan lama terhadap cuaca. Salah satunya adalah batu marmer ataupun batu granit. Diatas bongpay cina biasanya terdapat tulisan-tulisan dalam aksara Mandarin yang mengandung makna dan nilai artistik tersendiri. Selain itu, bongpay cina juga menuliskan tentang riwayat hidup mendiang pemilik makam. Juga disertakan tanda bakti dari nama-nama anak ataupun cucu-cucu mendiang. Diatas bongpay cina biasanya juga terdapat pahatan sebuah gambar. Dibandingkan dengan nisan pada umumnya, ukuran bongpay memang dua kali lipat lebih besar. 

Bongpay Pahat
Bongpay Pahat

Bintang Antik Sejahtera, merupakan layanan marmer online terdepan, terlengkap dan terpercaya yang menyediakan jasa pembuatan bongpay. Disini kami biasanya menggunakan batu granit sebagai bahan baku pembuatan bongpay cina. Batu granit sendiri terkenal dengan karakteristiknya yang kuat, keras dan tentunya tahan lama terhadap cuaca. Dan bukan sembarang granit biasa, kami menggunakan bahan granit Blacknero yang memiliki warna hitam pekat yang akan membuat bongpay cina akan terlihat lebih elegan, mengkilat dan tentunya berkelas. Kami juga sudah memproduksi berbagai macam model dan ukuran bongpay cina diseluruh wilayah Indonesia. Untuk ukuran, model ataupun tulisan dan gambar yang berada di atas bongpay cina para customer bisa custom design sesuai keinginan. 

Di Bintang Antik Sejahtera, proses pembuatan bongpay cina dilakukan oleh tukang yang sudah profesional di bidangnya. Teknik yang digunakan untuk pembuatan bongpay adalah teknik pahat manual yang akan membuat tulisan ataupun gambar di bongpay terlihat lebih tajam juga rapi. Cat letteringnya pun bisa request pemilihan warnanya seperti warna kuning emas ataupun putih. 
Untuk yang berada diluar wilayah kami tidak perlu khawatir, karena kami melayani pemesanan diseluruh wilayah Indonesia. Pemesanan bisa dilakukan secara online ataupun offline. Untuk packagingnya pun kami menyediakan packaging kayu jadi tidak perlu khawatir dengan produk bongpay yang pecah, karena kami selalu menjamin keamanannya. Jika produk bongpay cina sampai tujuan pecah, kamipun menyediakan garansi full. Jadi akan kami ganti dengan yang baru. 


Baca Juga Tentang Prasasti Peresmian Terbuat Dari Marmer dan Granit

 

Bahan Baku Yang Digunakan Untuk Pembuatan Bongpay Cina

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bongpay cina merupakan salah satu tradisi pemakaman rakyat Tionghoa. Pastinya, bongpay ini diletakkan ditempat terbuka. Oleh sebab itu, bongpay cina sendiri harus terbuat dari objek yang keras, kuat dan tahan lama meskipun setiap hari terpapar oleh sinar matahari ataupun air hujan. Nah bahan baku yang sangat cocok digunakan untuk pembuatan bongpay adalah batu alam seperti batu marmer dan batu granit. 

Bongpay Cina Batu Marmer

Bongpay Marmer
Bongpay Marmer

Batu marmer memiliki warna cream keputih-putihan dengan motif serat batu yang unik dan khas. Bisa digunakan sebagai bahan baku pembuatan bongpay cina. Batu marmer sendiri terkenal dengan tekstur batunya yang kuat, keras dan tahan lama. 

Bongpay Cina Batu Granit

Bongpay Granit Kristen
Bongpay Granit Kristen

Batu granit memiliki tekstur batu yang lebih keras dibandingkan batu marmer. Batu granit sendiri lebih populer digunakan sebagai bahan baku pembuatan bongpay cina dibandingkan dengan batu marmer. Karena berbeda dengan batu marmer, batu granit memiliki warna hitam kelam tanpa serat batu sama sekali. Sehingga bisa membuat tampilan bongpay lebih elegan dan berkelas. 



Ukuran Bongpay Cina

Bongpay Custom
Bongpay Custom

Dimensi makam orang Tionghoa biasanya memiliki ukuran yang sangat besar, karena biasanya pasangan suami istri dimakamkan berdampingan. Oleh sebab itu, ukuran bongpay cina pun biasanya memiliki ukuran yang besar-besar, berbeda dengan batu nisan pada umumnya. Sederhananya bagian-bagian makam Cina dibagi menjadi 8 komponen, yaitu :
  1. Mu Qiu / Mu Gui yaitu tempat untuk meletakkan peti jenazah yang berbentuk seperti bukit.
  2. Mu An Qian Kao yaitu tembok pembatas yang mengelilingi makam.
  3. Mu An Hou Kao yaitu tembok pembatas luar yang melapisi Mu An Qian Kao.
  4. Bongpay yaitu nisan makam.
  5. Altar yang terletak tepat didepan bongpay sebagai tempat menaruh persembahan.
  6. Qu Shou / Mu Shou adalah tembok yang mengelilingi bagian depan batu nisan.
  7. Altar untuk Tu Gi Dong biasanya terletak disamping kanan depan makam.
  8. Tempat bakar kertas sembahyang biasanya terletak disamping kiri atau belakang makam.
Seperti itulah bagian-bagian makam orang Tionghoa. Tidak heran jika ukuran bongpay cina sangat besar mengingat ukuran makamnya juga besar. Selain itu makam rakyat Tionghoa juga biasanya terletak di dataran tinggi seperti di bukit-bukit.


Penulisan Bongpay Cina

Bongpay cina memiliki tata cara penulisan dan pembacaan tersendiri. Diatas bongpay biasanya terdapat tulisan yang terukir dengan karakter Hanzi (Mandarin). Untuk tata cara pembacaan bongpay yaitu dari kanan ke kiri, dan dari atas ke bawah. Sedangkan untuk struktur penulisan pada bongpay cina terdapat 4 bagian, yaitu :
  1. Baris kanan, menuliskan waktu kapan bongpay dibuat atau diperbaiki.
  2. Baris tengah, menuliskan tentang nama dan status disaat sang mendiang masih hidup.
  3. Mata bongpay, merupakan baris horizontal yang terdiri dari 2 karakter yang menuliskan tentang daerah keluarga mendiang berasal, peristiwa besar mengenai keluarga mendiang, jumlah generasi mendiang dalam silsilah keluarga dan kampung halaman.
  4. Baris kiri, menuliskan siapa yang membuat bongpay tersebut.
Untuk pembuatan bongpay cina jaman sekarang sudah lebih modern lagi dengan adanya penambahan gambar seperti gambar Tuhan Yesus, ataupun gambar malaikat. Tergantung dengan selera keluarga yang membuat bongpay.



Jika anda menginginkan bongpay cina custom sebagai tanda kebaktian kepada leluhur anda, tidak perlu bingung-bingung, karena ada kami Bintang Antik Sejahtera, layanan marmer online terdepan, terlengkap dan terpercaya yang telah memproduksi berbagai macam jenis kerajinan batu alam salah satunya adalah bongpay cina. Disini kami siap melayani pembuatan bongpay dari ukuran yang terkecil sampai yang terbesar dengan custom design sesuai keinginan anda. Pemesanan di kami sangat mudah sekali karena bisa dilakukan secara online dengan menghubungi contact person yang berada dibawah. Jika anda penasaran dengan koleksi kerajinan kami, anda juga bisa datang langsung ke galeri kami yang alamatnya tercantum dibawah. Kami selalu siap menyambut dan melayani anda dengan sepenuh hati, pun produk yang kami berikan memiliki kualitas terbaik dengan harga yang sangat mudah dijangkau.




FARAH OKTANIRA
(WA) 082334619990 – 085738619990
Email : onlinejualmarmer@gmail.com
Jl. Kanigoro Gg 4 No. 35, Blumbang, Ds. Campurdarat, Kec. Campurdarat, Tulungagung, Jawa Timur 66272.

Tags :