Kamis, 03 Februari 2022

Aneka Jenis Produk Lantai Marmer Tulungagung

MARMER TULUNGAGUNG
MARMER TULUNGAGUNG KAWI AGUNG
Keberadaan pertambangan Marmer Tulungagung telah  dilakukan  sejak tahun 50_an ,lokasi pertambangan ini terletak di jajaran pegunungan di wilayah desa Besole , kecamatan Besuki , Kabupaten Tulungagung. Dan beberapa pegunungan didesa-desa kecamatan Campurdarat, Namun yang  terbesar dan tertua  adalah yang berada di Besole tersebut. Produk utama pertambangan ini awalnya hanyalah lantai dan dinding marmer. kemudian berkembang kearah pnegerjaan kerajinan dan diversifikasi produk lainnya yang tetap mengacu pada bahan- bahan Marmer Tulungagung

Ada beberapa varian produk Marmer Tulungagung yang terkenal , yakni:

1  Marmer Besole 1 atau lazim disebut dengan B1

2. Marmer Besole 2 atau lazim disebut dengan B2

3  Marmer Besole Trotol super lazim disebut dengan   Jenis Trotol .

4  Marmer Besole Trorol trenyep lazim disebut dengan jenis Trotol trenyep .



Setelah terjadi kelangkaan bahan Marmer Tulungagung ini , karena usia pertambangan yang telah relatif  tua, sehingga sekarang Jenis Besole 1 ini sulit didapatkan , seakan-akan terjadi pergeseran grade . Jika sekarang anda meminta  varian B1 , maka  dikalangan pengusaha dan pengrajin akan menamainya dengan jenis Besole super atau jenis Kawi Agung.

Kami  sebagai pengrajin yang ada diwilayah Tulungagung  ini selalu menjadikan sebutan standart masyarakat ini sebagai standart dari pengklasifikasian Marmer Tulungagung tersebut, karena jika kami memberikan klasifikasi lain maka kami khawatirkan akan terjadi ketimpangan grade dalam penyebutannya .

Ciri-ciri masing-masing varian Grade tersebut adalah sebagai berikut :

MARMER TULUNGAGUNG
MARMER TULUNGAGUNG KAWI KEMBANG

A .Marmer Besole 1 atau lazim disebut dengan B1

Warna nya putih bersih  ,sedikit mendekati cream , Marmer Tulungagung ini sudah teramat langka, kepadatannya bagus,kadang kala ada urat kecil sekali berwarna merah , dan sedikit urat yang berwarna biru, urat-urat batu ini sangat kecil sekali,sekitar 0,2-07 MM saja,biasanya urat batu ini tidak terlalu tampak menonjol untuk jenis Besole 1 ,bentuk uratnya semburat tak beraturan kayak urat nadi  darah kita, dengan kelangkaan barang ini masyarakat sering menaikkan gradenya dengan sebutan  Besole super.Biasanya disukai masyarakat untuk bahan Lantai dan dinding  dan jenis Produk Meja-mejaan.

MARMER TULUNGAGUNG
MARMER TULUNGAGUNG BROMO AGUNG

B. Marmer Besole 2 atau lazim disebut dengan B2

Warna nya putih bersih  ,sedikit mendekati cream , kepadatannya rapat ,kadang kala ada urat kecil sekali berwarna merah , dan sedikit urat yang berwarna biru kehitaman ,memiliki  urat-urat batu  Marmer Tulungagung ini sangat kecil sekali,sekitar 0,2-07 MM saja, terkadang apa flek biru dalam jumlah yang tidak terlalu besar ,biasanya urat batu ini tidak terlalu tampak menonjol untuk jenis Besole 1 ,bentuk uratnya semburat tak beraturan kayak urat nadi  darah kita, dengan kelangkaan barang Marmer Tulungagung ini masyarakat sering menaikkan gradenya dengan sebutan  Besole1. Karena untuk memperoleh B1 yang sebenarnya memang sangat-sangat sulit sekali, bahkan hampir-hampir tidak ada. Biasanya disukai masyarakat untuk bahan Lantai dan dinding  dan jenis Produk Meja-mejaan bahan pembuatan prasasti marmer .


MARMER TULUNGAGUNG
MARMER TULUNGAGUNG KAWI KEMBANG
  
C.      Marmer Besole Trotol super lazim disebut dengan   Jenis Trotol .

Warna nya putih mendekati cream  dan kecoklatan , barang ini sering disebut dengan Trotol super, kepadatannya bagus,kadang ada sedikit lubang-lubang kecil, dan ada plek-plek kecoklatan yang tidak terlalu dominan di permukaannya, perbandingan antara plek dan warna putihnya tidak melebihi 50 persen dalam setiap lembar penggergajiannya,kadang kala ada urat kecil sekali berwarna merah , dan sedikit urat yang berwarna biru kehitaman,atau plek biru kehitaman, urat-urat batu ini sangat kecil sekali,sekitar 0,2-07 MM saja,biasanya urat batu Marmer Tulungagung ini lumayan banyak,bentuk uratnya semburat tak beraturan kayak urat nadi  darah dalam yang tidaklebih dari 40 persen permukaan tiap permukaan plat penggergajian. Biasanya masyarakat sangat menyukainya untuk pembuatan produk Galon  air minum.Tiang rumah, dan prasasti marmer. Jenis inilah yang sering kita pakai dalam produk  Prasasti di Bintang Antik Sejahtera, karena dalam pengamatan penulis, Jenis Marmer Tulungagung Yang ini sudah memiliki ketahanan alami yang lebih tinggi dari pada grade yang diatas. Ketahanan ini terkait dengan peletakan prasasti yang berada dioutdoor, sehingga pada cuaca ekstrem kadangkala  menimbulkan “ Bulak “ . Lihat tulisan kami tentang Kenapa Bintang Antik Sejahtera memakai Trotol super untuk produk prasastinya …???


D.      Marmer Besole Trorol trenyep lazim disebut dengan jenis Trotol trenyep .

Warna cream  keputih-putihan dan mendekati warna kecoklat-coklatan , barang Marmer Tulungagung ini sering disebut dengan Trotol trenyep , kepadatannya bagus,kadang ada sedikit lubang-lubang kecil, dan ada plek-plek kecoklatan yang tidak terlalu dominan di permukaannya, perbandingan antara plek dan warna putihnya lebih 70 persen dalam setiap lembar penggergajiannya,kadang kala ada urat kecil sekali berwarna merah , dan sedikit urat yang berwarna biru kehitaman,atau plek biru kehitaman sangat dominan dalam tiap lembarnya,memiliki urat-urat batu yang kecil sekali,sekitar 0,2-07 MM saja,biasanya urat batu lumayan banyak,bentuk uratnya semburat tak beraturan kayak urat nadi  darah,kadang berwarna biru kehitaman. Biasanya masyarakat sangat menyukainya untuk pembuatan produk Galon air minum.

MARMER TULUNGAGUNG
MARMER TULUNGAGUNG BROMO

Sekilas dari penjelasan tentang Marmer Tulungagung ini memang hamper mirip-mirip dan sama,perlu jam terbang yang lumayan unutk bisa membedakan masing-masing grade. memang pada dasarnya batu-batuan ini terdapat dilokasi yang  sama.Karena perbedaan warna  dan coraklah yang memberikan mereka pada grade yang berbeda.Dalam segi pemasaran masing-masing konsumen memiliki selera yang berbeda-beda,  kadangkala justru ada konsumen yang menyukai jenis trotol trenyep karena motif dan coraknya yang benar-benar alami, dan dengan plek-plek padat yang khas/PLek-plek ini bukan merupakan cacat alam , akan tetapi memang plek yang  cukup padat. Biasanya masyarakat sangat menyukainya untuk pembuatan produk Galon  air minum, karena jenis ini dapat menstabilkan kerendahan suhu air yang kita tuangkan didalamnya, sehingga akan terasa lebih segar alami, tidak seperti dikulkas.

MARMER TULUNGAGUNG
MARMER TULUNGAGUNG  KAWI SEJAJAR

Sebenarnya penulis menyukainya bukan dengan sebutan grade , karena keindahan yang terjadi dimasing-masing jenis Marmer Tulungagung tersebut memiliki  konsumen  dan purpose yang berbeda-beda, kadangkala konsumen yang suka dengan jenis trotol trenyep justru tidak mau ketika mereka di beri jenis Besole Super atau B1.Semisal ketika mereka memesan barang yang dipergunakan untuk  Dispenser Aqua untuk  tempat air minum Mineral mereka.



tel:081333675088

Maya Silviana

Email : ordermarmer@gmail.com

Jl. Kanigoro Gg 4 No. 35, Blumbang, Ds. Campurdarat, Kec. Campurdarat, Tulungagung, Jawa Timur 66272






Tags :