Rabu, 11 Mei 2022

Prasasti Peresmian Terbuat Dari Marmer dan Granit

Menakjubkan!! Prasasti Peresmian Terbuat Dari Marmer dan Granit


Prasasti Batu Alam
Prasasti Batu Alam

Prasasti Peresmian | Prasasti Peresmian Granit | Prasati Peresmian Marmer - Nama prasasti tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Pada jaman dahulu prasasti merupakan piagam atau dokumen yang ditulis pada bahan yang keras dan tahan lama, contohnya adalah batu. Sekarang ini, sudah banyak ditemukan prasasti peresmian di tempat-tempat seperti masjid, jembatan, kantor, maupun bangunan-bangunan lainnya. Biasanya prasasti peresmian ini terbuat dari batu alam, salah satunya adalah batu marmer dan batu granit. Kenapa batu marmer dan granit menjadi pilihan pembuatan prasasti peresmian? Karena batu marmer dan granit memiliki karakteristik yang kuat, keras dan juga tahan lama terhadap cuaca.

Batu granit dan batu marmer memiliki warna ciri khas tersendiri. Jika batu granit dominan berwarna hitam, maka batu marmer dominan berwarna cerah dan memiliki serat juga motif khasnya sendiri. Dengan warnanya yang hitam legam, batu granit akan membuat prasasti peresmian terlihat lebih elegan dan berkelas. 

Prasasti Peresmian
Prasasti Peresmian

Sekarang sudah banyak sekali ditemukannya tempat yang menyediakan jasa pembuatan prasasti peresmian. Tapi tentunya kita sebagai customer tidak bisa dengan mudah percaya begitu saja. Tenang saja, kami punya solusinya. Yaitu Bintang Antik Sejahtera, layanan marmer online terdepan, terlengkap dan terpercaya. Kami sudah melayani berbagai macam pesanan prasasti peresmian dengan berbagai macam ukuran dari yang terkecil sampai yang terbesar diseluruh wilayah Indonesia. Kami juga sudah dipercaya oleh ribuan cutomer yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia. Proses pemesanan juga bisa dilakukan dengan mudah, untuk customer yang berada diluar wilayah kami bisa melakukan pemesanan secara online tanpa harus repot-repot datang ke kantor ataupun galeri kami. Kami juga selalu memberikan progress pembuatan prasasti peresmian secara berkala. Untuk pengiriman kami juga bekerja sama dengan ekspedisi-ekspedisi yang sudah terpercaya dan tentunya dengan disertakan double packing yang menjamin keamanan produk selama diperjalanan.

Untuk pembuatan prasasti peresmian sendiri, kami menggunakan teknik ukir dan lettering sehingga tulisan yang ada di atas prasasti peresmian akan tahan lama dan tidak mudah hilang. Untuk letternya sendiri, Bintang Antik Sejahtera biasa menyediakan cat berwarna hitam, putih, juga emas. Nah tunggu apalagi? Buruan pesan sekarang juga.

Prasasti Granit
Prasasti Granit

Prasasti Marmer
Prasasti Marmer



TAHAP PEMBUATAN PRASASTI MARMER DAN GRANIT

Untuk menghasilkan produk prasasti peresmian yang berkualitas, tentunya harus melewati tahap-tahap pembuatan prasasti peresmian yang baik dan teliti. Berikut tahap-tahapnya, yaitu :
  1. Tahap Penambangan Bahan Baku
  2. Tahap Pemotongan Bahan Baku
  3. Tahap Pemolesan
  4. Tahap Pengerjaan Prasasti Peresmian
Berikut penjelasan tentang tahap-tahap pembuatan prasasti peresmian supaya bisa lebih jelas.

1. Tahap Penambangan Bahan Baku

Untuk proses pembuatan seluruh kerajinan batu alam, termasuk prasasti peresmian marmer dan granit, yang dilakukan pertama kali tentunya adalah melakukan penambangan untuk memperoleh bahan baku batu marmer ataupun batu granit. Penambangan ini dilakukan langsung di Tulungagung yang memang sudah terkenal dengan kualitas batu marmer yang dihasilkannya. Proses penambangan batu marmer ataupun granit ini dilakukan dengan 2 cara. Yaitu dengan cara modern atau dengan cara tradisional. Untuk penambangan dengan cara modern biasanya menghasilkan batu marmer balok atau blok marmer besar seukuran gajah. Untuk penambangan modern ini biasanya menggunakan bantuan alat-alat berat. Sedangkan untuk penambangan dengan cara tradisional biasanya dilakukan dengan hanya menggunakan alat-alat sederhana saja karena memang balok marmer yang dihasilkan berukuran kecil. Nah biasanya balokan marmer yang dihasilkan dengan cara tradisional ini yang nantinya bisa digunakan sebagai bahan baku pembuatan prasasti peresmian.

2. Tahap Pemotongan Bahan Baku

Tahap selanjutnya yang dilakukan setelah penambangan bahan baku adalah pemotongan bahan baku. Untuk proses pemotongan bahan baku ini biasanya dilakukan di pabrik khusus pemotongan marmer ataupun granit. Sebelum dilakukan proses pemotongan pun kita terlebih dahulu merencanakan ukuran bahan baku yang diinginkan. Contohnya untuk bahan baku prasasti peresmian marmer ataupun granit bisa memakai ukuran standart yaitu ukuran 30x40 cm, ukuran 40x60 cm, dan ukuran 60x90 cm dengan tebal 2 cm.

3. Tahap Pemolesan

Tahap ketiga dalam proses pembuatan prasasti peresmian marmer atau granit adalah pemolesan bahan baku. Setelah bahan baku dipotong sesuai ukuran yang diinginkan, maka selanjutnya adalah melakukan pemolesan supaya bahan baku marmer atau granit menjadi mengkilat dan siap dikerjakan. Tahap pemolesan ini dilakukan untuk menutup pori-pori atau bahkan lubang-lubang yang ada di batu marmer ataupun granit supaya terlihat lebih bagus dan rapi. Pemolesan ini biasanya dilakukan menggunakan bahan resin atau katalis.

4. Tahap Pengerjaan Prasasti Peresmian

Tahapan ini merupakan tahapan akhir yang dilakukan untuk pembuatan sebuah prasasti peresmian. Tahap akhir ini harus dilakukan oleh orang yang sudah profesional dibidangnya. Karena tahap ini memang membutuhkan keahlian khusus yaitu untuk melakukan proses lettering prasasti peresmian. Para teknisi lettering ini harus memiliki ketelitian yang sangat tinggi karena kalau salah dalam penulisan maka tidak bisa dihapus. Teknisi lettering ini juga harus memiliki jiwa seni yang tinggi, mereka yang sangat profesional bahkan bisa mencontoh variasi font yang ada di komputer menyesuaikan dengan keinginan customer. Untuk proses letteringnya sendiri biasanya para teknisi menggunakan teknik pahat atau teknik ukir manual yang menghasilkan tulisan di prasasti peresmian terlihat bagus dan rapi. Setelah prasasti peresmian selesai di ukir, maka selanjutnya adalah melakukan pewarnaan pada tulisan yang sudah di ukir diatas batu marmer ataupun granit. Tintanya pun tersedia dalam berbagai macam pilihan, warna tinta yang paling populer adalah warna kuning emas, warna putih dan warna hitam. Pemilihan tinta bisa disesuaikan dengan keinginan customer.


BAHAN PEMBUATAN PRASASTI MARMER

Untuk pembuatan prasasti peresmian, ada berbagai macam bahan baku batu alam yang tersedia. Tapi yang paling populer adalah menggunakan bahan baku batu mamer dan batu granit. Batu alam seperti batu marmer dan batu granit ini memiliki karakteristik yang kuat, keras dan tahan lama terhadap cuaca. Sehingga sangat cocok sekali digunakan sebagai bahan baku prasasti peresmian, terutama yang diletakkan diluar ruangan. Berikut detail dari bahan baku pembuatan prasasti peresmian :

Prasasti Peresmian Batu Marmer

Prasasti Peresmian Batu Marmer
Prasasti Peresmian Batu Marmer

Batu marmer sudah terkenal dengan kualitas batunya yang bagus untuk dijadikan kerajinan batu alam salah satunya adalah prasasti peresmian. Untuk batu marmer sendiri memiliki warnanya yang khas yang warna cream keputih-putihan dengan serat-serat batu yang lebih terlihat seperti motif batu marmer yang membuat penampilan batu marmer terlihat bagus. 

Prasasti Peresmian Batu Granit

Prasasti Peresmian Batu Granit
Prasasti Peresmian Batu Granit

Berbeda dengan batu marmer, batu granit memiliki sifat batu yang lebih keras dibandingkan dengan batu marmer. Sehingga untuk proses letteringnya pun lebih sulit jika dibandingkan dengan lettering batu marmer. Batu granit sendiri memiliki warna yang sangat jauh berbeda dengan batu marmer, yaitu warna hitam kelam tanpa adanya serat-serat batu sehingga bisa membuat penampilan prasasti peresmian terlihat lebih elegan dan berkelas. Sehingga untuk harga prasasti peresmian yang terbuat dari batu granit sedikit lebih mahal dibandingkan dengan batu marmer.



FARAH OKTANIRA
(WA) 082334619990 – 085738619990
Email : onlinejualmarmer@gmail.com
Jl. Kanigoro Gg 4 No. 35, Blumbang, Ds. Campurdarat, Kec. Campurdarat, Tulungagung, Jawa Timur 66272.

Tags :