Selasa, 12 April 2022

Pembuatan Prasasti PNPM Oleh Pengrajin Marmer Tulungagung

Jasa Pembuatan Prasasti Marmer Tulungagung Yang Telah Melayani Hampir Seluruh Wilayah Indonesia, Kita Update Ceritanya dari Zaman Prasasti PNPM di Era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

Prasasti Marmer
Prasasti Marmer

Malam ini saya akan mengupdate cerita tentang kejayaan produk kami di eranya Bapak Presiden SBY, dimana prasasti marmer PNPM kami sangat terkenal dan sempat melayani hampir seluruh wilayah Indonesia. Dari hasil prasasti marmer PNPM tersebut akhirnya usaha kami yang terpuruk dengan hutang ratusan juta dapat ternetaskan dalam waktu kurang lebih tiga sampai empat tahunan.

Waktu berganti rezim, setelah Bapak SBY selesai masa jabatannya digantikan dengan Bapak Jokowi dan bergantinya Program Nasional Pembangunan Mandiri maka tamat juga kisah manis pasar prasasti marmer dari Tulungagung dan juga para pengrajin lainnya. Oke nggak usah curhat, sebagai pengusaha kita harus tetap berdiri tegak untuk menghadapi pergantian masa dan juga pergantian rezim pemerintahan yang kadangkala sangat berdampak untuk iklim usaha kita, baik karena regulasi maupun karena kebijakan-kebijakan yang berubah.

BAGAIMANA TAHAPAN CARA PEMBUATAN PRASASTI MARMER ?

Contoh Prasasti Marmer
Contoh Prasasti Marmer

DARI AWAL HINGGA AKHIR YANG DILAKUKAN OLEH PENGRAJIN MARMER TULUNGAGUNG

Kerajinan Prasasti Marmer
Kerajinan Prasasti Marmer

Malam ini saya ingin menceritakan kepada teman-teman semua tentang perjalanan sebuah batu marmer yang rencananya akan dibuat sebagai prasasti marmer PNPM, yakni seluruh proses awal dari batu itu ditambang sampai dengan terbentuknya sebuah prasasti marmer PNPM. Proses pembuatan prasasti PNPM secara umum ada empat tahapan, yakni :
  1.     Tahap Penambangan Bahan
  2.     Tahap Penggergajian Bahan
  3.     Tahap Pemolesan
  4.     Tahap Pengerjaan Prasasti

TAHAP PENAMBANGAN BAHAN BATUAN MARMER 

Prasasti Batu Marmer
Prasasti Batu Marmer

Kami ceritakan dengan komplit bagaimana cara kami membuat Prasasti Marmer dari awal hingga akhir sampai anda menemukan produk kami Prasasti Marmer ini sudah dalam bentuk tertata rapi di proyek-proyek pembangunan. Tentu saja tahap pertamanya adalah Tahap Penambangan bahan marmernya yang pasti dari pertambangan marmer Tulungagung asli tetap menjadi pilihan terbaik untuk bahan Prasasti Marmer.  

Awalnya bahan dari alam, kita tambang dengan berbagai cara, dari cara yang paling modern hingga cara yang paling tradisional. Cara modernnya adalah penambangan dengan alat berat seperti pengeruk dan juga mempergunakan bahan peledak agar didapatkan ukuran-ukuran slab marmer tertentu. Namun untuk penambangan yang khusus bahan Prasasti Marmer PNPM ataupun Prasasti Marmer untuk DD dan ADD kami hanya melakukannya dengan cara tradisional yakni dengan peralatan yang sederhana saja.

Penambangan Marmer Tulungagung Secara Modern 

Untuk penambangan modern biasanya bisa menghasilkan balok atau blok marmer seukuran gajah, jika bahan itu dijadikan slab marmer maka akan menghasilkan lempengan atau slab marmer berukuran  panjang sekitar 200 CM dan ketinggian atau lebarnya sekitar 150 CM, cukup besar dan sangat berat kalau di angkat, tentu saja dengan model derek otomatis yang melibatkan robotik dan mesin-mesin berat.

Penambangan Marmer Tulungagung Secara Tradisional

Untuk penambangan tradisional biasanya hanya mempergunakan alat-alat yang sederhana saja. Penambangan tradisional ini seringkali disebut sebagai penambangan rakyat. Balok atau blok yang dihasilkanpun hanya berukuran kecil saja, yakni biasanya hanya berukuran balok 50 CM x 70 CM x 50 CM. Memang sangat kecil, paling hanya sekitar 1,5 kuintal saja beratnya. Dan balokan kecil ini nantinya dibuat sebagai bahan Prasasti Marmer berukuran standart 40 CM x 60 CM.

TAHAPAN PENGGERGAJIAN BALOK MARMER TULUNGAGUNG

Prasasti Peresmian Marmer
Prasasti Peresmian Marmer

Setelah proses penambangan bahan, tahapan selanjutnya adalah penggergajian bahan. Penggergajian ini dilakukan disebuah pabrik khusus untuk menggergaji balokan dan bongkahan marmer tersebut menjadi bahan-bahan setengah jadi. Biasanya dalam penggergajian ini telah direncanakan untuk bahan kerajinan A, bahan kerajinan B, C, D dan seterusnya. Demikian juga untuk pembuatan dinding marmer dan lantai marmer, mereka sudah merencanakan balokan mereka sebelum masuk pabrik penggergajian ini. Termasuk juga ketika kita membeli bongkahan batu untuk bahan prasasti marmer PNPM, kitapun biasanya sudah merencanakan potongan perlembarnya, dengan ukuran matang 40 CM x 60 CM dan tebal 2 CM, dalam tahapan ini termasuk kategori lumayan berat, karena pekerja kita harus mengguling-gulingkan dan mengangkat balokan tersebut ke penggergajian, sehingga bisa dipotong tipis-tipis sesuai yang kita rencanakan sebelumnya.

Untuk penggergajian ini juga menggunakan dua metode, untuk slab besar menggunakan teknik belah ramai, sedangkan untuk penggergajian balok kecil biasanya mempergunakan teknik belah rajang satuan. Kapan-kapan kita jelaskan dalam artikel kami yang lainnya.

Agar Anda Lebih Memahami Tentang Beberapa Istilah yang Digunakan Oleh Pengrajin Marmer Tulungagung, Baca Juga Artikel Kami : Apakah Slab Marmer Itu

 TAHAPAN PEMOLESAN BAHAN PRASASTI MARMER

Prasasti Granit
Prasasti Granit

Tahapan yang ketiga dalam proses pembuatan prasasti PNPM atau Prasasti Marmer Anggaran Dana Desa / Prasasti Marmer Dana Desa  ini adalah pemolesan bahan, hal ini dimaksudkan agar bahan Prasasti Marmer PNPM kita menjadi mengkilat dan siap dikerjakan. Proses ini juga dilakukan untuk menambal pori-pori marmer dengan bahan resin dan katalis, sehingga pori-pori atau bahkan lubang-lubang tersebut dapat tertutup rapi dan kelihatan seperti alami. Dalam rangkaian pemolesan ini juga dilakukan penutupan pori-pori belakang agar tampak rapi pula, meskipun biasanya banyak juga tukang poles yang mengabaikan hal ini, dan dibiarkan tetap terbuka lebar seandainya ada lubang.

TAHAPAN PENGERJAAN PRASASTI MARMER PNPM | PRASASTI DANA DESA | PRASASTI MARMER ANGGARAN DANA DESA

Prasasti Peresmian Granit
Prasasti Peresmian Granit

Tahapan ini adalah tahapan akhir dari rangkaian panjang bagaimana pengrajin-pengrajin kami membuat sebuah prasasti marmer. Dan tahapan ini memerlukan keahlian khusus dalam pengerjaannya, biasanya dilakukan oleh tukang pahat atau didaerah kami sering disebut sebagai tukang letter. Mereka memiliki keistimewaan bisa menulis dengan baik dan bercita rasa seni tinggi, bahkan mereka bisa mencontoh  berbagai jenis font yang ada dikomputer kita. Keistimewaan lain dari tukang letter biasanya terletak dari penguasaan ejaan bahasa, mereka tahu betul tentang ejaan yang benar dan disempurnakan, bahkan diantara mereka melebihi pengetahuan seorang guru bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas. Dan tak kalah pentingnya, mereka juga menguasai seni lukis. Biasanya seorang tukang letter memiliki jiwa seni yang tinggi, seandainya mereka di beri garapan lukisanpun mereka bisa mengerjakannya dengan baik.

Para pengrajian dan pekerja kami telah memiliki tradisi turun temurun tentang pengolahan batu-batuan, baik itu marmer, granit, giok dan batuan lainnya. Tradisi pengolahan Marmer Tulungagung adalah tradisi marmer yang tertua di Indonesia, sehingga jika anda berada dikawasan sebuah pabrik marmer, diluar Jawa sekalipun, tanyakan saja pada mereka, dimana mereka berasal atau dimana mereka belajar tentang pengolahan batu-batuan, tentu mereka menjawab, asli Tulungagung, atau pernah menimba ilmu di pabrik marmer Tulungagung.

PENGEMBANGAN TEKNIK CARA PEMBUATAN PRASASTI MARMER DAN PRASASTI GRANITE DI TULUNGAGUNG

Prasasti Batu
Prasasti Batu

Zaman sudah berganti sekitar perkembangan terakhir, akhirnya kita menemukan cara termudah untuk cara pembuatan Prasasti Marmer ini dengan memanfaatkan kelemahan dari batuan marmer, yakni bahwa bahan marmer bisa melebur dengan cairan HC, sehingga dengan mempergunakan technology ini kami bisa membuat Kerajinan Prasasti Marmer dengan cara pembuatan yang lebih mudah dan lebih simple. Sedangkan untuk pengembangan terkini kami telah mengembangkan teknik pembuatan prasasti granit yang manual dengan mempergunakan mesin CNC Router yang menjamin  tingkat detail dan tingkat ketelitian pahatannya.

Kami memberikan edukasi kepada teman-teman atau sahabat yang ingin memperoleh keterangan lengkap Cara Pembuatan Prasasti Marmer silahkan simak Video Turorialnya dalam video dibawah ini : 

 

 

Untuk Keterangan Lebih Lengkap dan Pemesanan hubungi kami.



FARAH OKTANIRA
Jl. Kanigoro Gg 4 No. 36 Dsn. Blumbang, Ds. Campurdarat, Kec. Campurdarat, Tulungagung, Jawa Timur 66272

Tags :