BINTANG MARMER: 5 GAYA PEMASANGAN MARMER BAKAR Lantai Marmer Kerajinan Marmer Tulungagung

Rabu, 04 Januari 2012

5 GAYA PEMASANGAN MARMER BAKAR



Pemasangan marmer bakar dan jenis marmer didnding lainnya memiliki berbagai gaya pemasangan,Seperti halnya pemasangan pada keramik-keramik pabrikan lainnya.akan tetapi ada beberapa gaya pemasangan tersendiri  yang tidak  cocok apabila diterapkan pada keramik, dan hanya dapat diterapkan pada  dinding marmer, ini terkait keindahan tatanan tersebut hanya dimiliki oleh dinding berbahan marmer.Setidaknya di Kota marmer Tulungagung  pola dan gaya pemasangan yang umum ada 5 macam, yaitu :

1.       Gaya Tatanan Lurus
Gaya tatanan lurus ini adalah pemasangan dengan cara menjajar lurus batuan , antar lajur perlajur ditata secara lurus atas dan bawah, demikian juga lajur _lajur dibawahnya .
                                                                                                                                                                                       
                                                                                                                                                                                       

Tatanan ini jarang sekali diterapkan karena menurut banyak orang ini agaknya kurang bagus, dan dari segi teknis kurang kuat.
2.       Gaya tananan Zig_Zag.












Tatanan ini adalah tatanan yang paling umum dipergunakan oleh tukang pasang, selain dari segi keindahan nya sdh mulai tampak indah , secara teknis juga sudah kuat . Kelebihan dari cara pemasangan ini  adalah memberikan banyak kekuatan antar marmer bakar,karena masing-masing marmer saling memperkuat dan menopang,sedangkan kelemahannya biasa terletak pada sisi margin yang tidak utuh Karenanya dibuthkan matematika yang akurat untuk pembagian sisa margin bahan tersebut agar tidak terlalu kecil,karena kalau terlalu kecil akan melemahkan daya lekat marmer tersebut.
Perhatikan tanda panah diatas, disitulah letak kelemahan dari pemasangan gaya zig_zag itu.Jika hitungan margin kiri dan kanan anda menyisakan begitu kecil bahan terpasang, maka kekuatan bahan terpasang akan semakin lemah.
3.       Gaya Tatanan diagonal.
Gaya tatanan diagonal akan menampilkan keindahan corak yang sangat indah, karena persilangan tatanan marmer bakar kita akn lebih mencolok ketimbang gaya pemasangan yang lain.Sebagai ilustrasi, gaya pemasangan diagonal ini adalah seperti contoh dibawah ini:















Penataan gaya diagonal ini sangat cocok dipergunakan untuk marmer bakar yang memiliki bentuk bujungsangkar, dimana panjang sisi-sisnya sama panjang.Jika diterpkan untuk jenis ukuran yang lain  sepertinya kurang cocok.Oleh karenanya sebelum membeli marmer bakar ini sesuaikan dulu dengan peruntukannya.Unutk jenis diagonal ini sangat cocok untuk bagian dinding yang luas maupun yang  sempit, bahkan tidak jarang juga diaplikasikan untuk tiang depan rumah.Kelemahan  dari penataan ini adalah potongan kecil yang ada dimargin dan sela-sela diagonal terakhirnya.Perhatikan gambar  anak panah diatas, disitulah  letak pasangan yang harus diperkuat dengan tambahan komposisi semen yang ekstra.

4.       Gaya Tatanan Japanesse Style.
Penataan gaya Jepang ini ,  sebenarnya sama saja dengan gaya pemasangan zig-zag , akan tetapi yang membedakannya dalam  tatanan gaya Jepang ini ini adalah nat atau jarak space antara  marmer  yang satu dengan marmer yang lain sangat  lebar , biasanya mempergunakan space antara 0,5 CM sampai dengan  1 CM , perhatikan gambar dibawah.
                                     






Dalam penataan gaya Jepang ini Pak Tukang anda memerlukan penopang sementara untuk menjaga marmer bakar tetap pada posisi semula saat adonan perekat anda  belum kering, biasanya berupa potongan- potongan bambu sebesar 2 CMX 1 CM . Potongan bambu kecil ini disediakan dalam jumlah banyak , masing-masing marmer bakar yang belum kering dipasangi bambu ini sebagai penopang sementara pasangan diatasnya,Biasanya pasangan  dengan gaya ini dimulai dari bawah keatas, sehingga ketika pasangan paling bawah telah kering , bisa menopang pasangan yang lebih atasnya . Space yang ada dibiarkan terbuka, dan tidak diisi dengan semen atau adonan lainnya, karena dengan space yang lebar ini juga merupakan ornament tersendiri ketika dinding kita selesai terpasang.
Perhatikan gambar anak panah diatas, yang menunjukan space pemasangan yang diperlebar dari gaya pemasangan zig_zag biasa.
                     
5.       Gaya Tananan bermotif .
Gaya pemasangan bermotif ini diterapkan dengan cara melakukan permainan warna dari marmer bakarkita.Seperti diketahui bahwa varian warna marmer bakar ini bermacam-macam, jadi sangat memungkinkan untuk kita permainkan dengan membentuk motif-motif tertentu sesuai dengan keinginan kita.Memang dengan membuat motif ini memerlukan ketelitian dalam ukuran dan keserasian motif yang akan kita buat.
Teknik pemasangan  dari gaya ini adalah yang paling sulit dan memerlukan kreatifitas lebih dari pak Tukang yang memasangnya.Maka jika anda berminat mengaplikasikan pemasangan jenis ini yang anda lakukan sebelumnya adalah membuat design sederhana dan menanyakan kesanggupan pak tukang untuk menterjemahkan design anda pada pemasangan dinding anda.
Contoh pemasangan  bermotif adalah seperti gambar dibawah:













Pemasangan  dengan gaya ini akan memeberikan kelelauasaan anda dalam berkreasi, dengan memadukan banyak warna-warni bahan dan juga bisa membuat motif-motif gambar yang kita inginkan anda  tinggal mencari tukang professional untuk menerapkan design anda tersebut.
Dikota marmer Tulungagung banyak sekali varian warna marmer bakar dan dinding marmer jenis lain, sehingga kreatifitas anda akan bisa terpenuhi sepenuhnya . Warna yang ada untuk marmer bakar ini antaralain , Hijau, Kuning , merah,  putih , coklat , crem dan lain-lain.
Silahkan didesign dulu tatanan dinding anda, dan kalau design sudah siap, segera hubungi kami untuk pemesanan barangnya. Terimakasih……

UNTUK KETERANGAN LENGKAP SILAHKAN HUBUNGI :

WELLA PRADISKA
No.HP : 082141677770 - 085649718777
Pin BBM : 5D975BE2

IRA MAYA
No.HP : 081333675088 - 085852626380
Pin BBM : 59F924B2

MEY RENI
No.HP : 081234975533 - 085784343885
Pin BBM : D19AEAB3

MyFreeCopyright.com Registered & Protected