BINTANG MARMER: 36 UPK PNPM-MP Ikuti Pelatihan UPK Baru Lantai Marmer Kerajinan Marmer Tulungagung

Kamis, 05 Januari 2012

36 UPK PNPM-MP Ikuti Pelatihan UPK Baru

BERITA PNPM-INFO PNPM

Sebanyak 36 UPK PNPM-MPd ( Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat – Mandiri 
Perdesaan) terdiri dari Ketua, Sekretaris dan Bendahara telah mengikuti Pelatihan UPK ( Unit Pengelola Kegiatan ) baru tahun 2009 di Hotel Inaa Tretes-Padaan Kabupaten Pasuruan selama 3 hari (25-27).  Kabupaten Bojonegoro untuk tahun ini dalam pelaksanaan kegiatan PNPM-MP,  mampu menyerap kucuran dana yang disebar di 26 Kecamatan  sebesar Rp. 66 Milyar dari dana bantuan APBD sebesar Rp. 13,2 Milyar dan ditambah dana APBN yang mencapai Rp.  52,8 Milyar.  Dana tersebut diberikan kepada 26 Kecamatan dengan jumlah bantuan masing-masing  Kecamatan tidak sama, bahkan ada Kecamatan dengan jumlah 6 Desa mendapatkan dana PNPM sebesar Rp. 3 Milyar yaitu Kecamatan Sekar.


Pelatihan UPK baru tersebut hanya diikuti 12 Kecamatan saja dari berbagai kabupaten se Jawatimur , sedangkan 14 kecamatan telah lebih dulu mendapatkan pelatihan tentang pengelolaan kegiatan PNPM, sebab untuk 12 Kecamatan yang mengikuti pelatihan sekarang merupakan kecamatan baru
yang mendapatkan kucuran dana dari PNPM-MP tahun 2009, ” Sebenarnya program pemerintah yang diberi nama PNPM bukan program baru akan tetapi program tersebut merupakan kelanjutan dari Program Pemerintah yang dikenal masyarakat luas yakni PPK (Program Pengembangan Kecamatan). Dimana program tersebut sudah dimulai sejak tahun 1998 silam,” Jelas Silva Agus P selaku Ketua UPK Kecamatan Gondang pada Berita infokom-bjn.info usai mengikuti pelatihan UPK baru di Hotel Inaa , Tretes –Pasuruan (27/5).

Ditambahkan oleh M. Asir Ketua UPK Kecamatan Ngambon, bahwa pelaksanaan pelatihan untuk UPK baru kali ini merupakan penambahan wawasan tentang PNPM-MP dan sekaligus pemberian bekal pengurus UPK dalam menjalankan tugas yang penuh pengabdian pada masyarakat miskin, bagaimana tidak demikian adanya mas, ” Wong tugas PNPM-MP ini digaris besarkan untuk menguatkan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Miskin atau biasa dikenal dengan RTM (Rumah Tangga Miskin),”
PNPM-MP merupakan program Pemerintah yang sudah disempurnakan dari program –program sebelumnya, dimana PNPM-MPd akan mengelola 2 jenis kegiatan yang disebut Program Ekonomi dengan  SPP ( Simpan Pinjam Khusus Perempuan ) dan Non Ekonomi sepertihalnya pemberian makanan tambahan bagi BALITA dan LANSIA, Pelatihan-pelatihan Ketrampilan warga , Pemberian Beasiswa pada murid kurang mampu dan berprestasi,Adapula kegiatan yang mengacu pada pembangunan fisik seperti Jalan, Jembatan, Plengsengan, dan Gedung Sekolah Taman Kanak-Kanak yang dikelola Desa. (Kominfo _Jawatimur )