BINTANG MARMER: PENGERTIAN UMUM SENI PARQUETE DAN MOZAIK MARMER Lantai Marmer Kerajinan Marmer Tulungagung

Selasa, 20 Desember 2011

PENGERTIAN UMUM SENI PARQUETE DAN MOZAIK MARMER

PARQUETE MARMER
            Mungkin nama kerajinan marmer  ini masih asing untuk luar warga Tulungagung, karena banyak sekali istilah-istilah yang dibuat oleh warga Tulungagung unutk menamai hasil karyanya, yang kadang memang kedengaran asing oleh orang luar daerah . Biasanya mereka mengadopsi nama-nama yang diberikan oleh tamu-tamunya dari luar negeri dan penamaan ini sesuai dengan design yang di minta customer asing tersebut .
            Parquete menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah :  Seni instalasi bahan -bahan keras yang ditata sedemikian rupa, dengan pewarnaan yang berbeda-beda dan terbentuk suatu bentuk tananan baru yang indah.
            Parquete  diartikan sebagai seni instalasi floring yang dibuat dengan menata parsial-parsial bahan , sehingga membentuk satu kesatuan lantai/ dinding.Pada awal dikenalkan parquete ini disebutkan berbahan baku kayu /lazim disebut sebagai wooden Floring instalation parquete . Dalam hal pengenalan produk kami ini tentu saja berkaitan dengan parqute batu marmer. dimana bahan baku dari parquete ini adalag tatanan dari batu-batuan marmer dan onik serta batuan yang lain.

        Jenis kerajinan parquete ini muncul sekitar tahun 1990_an,menurut catatan sejarah marmer Tulungagung yang kami tulis , sebagai pelopor kerajinan parqute ini adalah Abah Haji Ahmad, seorang pengussaha pendatang dari Malang dari Keturunan Arab . Awal order dari parquete ini berasal dari AmerikaSerikat, dengan  membawa design sendiri dari Amerika.Kemudian pengrajin kami mengaplikasikan nya dengan bahan baku batu-batuan , dan sekarang telah menjadi salah satu kerajinan yang cukup terkenal baik dikalangan customer domestik maupun mancanegara.
       Kerajinan marmer parquete ini biasa diaplikasikan pada design interior dan eksterior, pada rumah-rumah mewah dan perhotelan . Peletakan design indoor biasanya merupakan element pada dinding dan lantai kolam dalam rumah,lantai kolam luar rumah, lantai pertamanan, demikian juga banyak yang menerapkan design mereka sebagai lantai ruang tamu bahkan pada ruangan utama .
            Mozaik, menurut difinisi kamus bahasa indonesia adalah seni dekorasi bidang dengan  kepingan bahan keras  ( bisa dari kayu kertas, batuan bahan sintetik ,dan lain-lain) berwarna yang disusun dan ditempelkan dng perekat; Memang , kami sebagai penulispun juga masih banyak kerancuan dalam membedakan antara difinisi parquete dan mozaik. Sedang dalam implementasi penamaan  kerajinan didaerah kami, yang ditata langsung dan direkat dengan warna yang berbeda-beda  biasanya disebut sebagai parquete, sedang yang memiliki penataan warna yang sama, disebut sebagai mozaik .
        Jadi istilah ini masih perlu pembedaan yang lebih signifikan dari dua macam jenis kerajinan ini.Karena semakin berkembang nya varian -varian produk ini akan semakin membingungkan orang diluar daerah .Sebagai solusi penamaan kerajinan ini,akan secara khusu kami berikan katalog dan penamaan sesuai dengan pemberian nama di daerah sentral industri marmer specialist parquete dan mozaik ini, yakni dibeberapa desa dikecamatan Campurdarat dan sekitarnya .        Istilah -istilah lain yang sering dimunculkan dalam seni parquete dan mozaik ini  adalah pemberian nama sesuai dengan varian yang mereka buat :  Misalnya Jari-jari, interlok , pabble,slice pabble, broken stik, standing mozaik ,black standing marble, dan masih puluhan jenisa varian yang diberikan oleh warga kami, dan belum ada kamus baku, karena tiap pengrajin memberikan nama-nama sebagai ciri khas masing-masing.Bisa jadi ada 2-3 nama yang berbeda untuk satu jenis barang yang sama.Inilah yang terjadi.
Lebih lengkap  tentang kerajinan ini , anda harus membaca related post untuk jenis produk ini, sehingga pemahaman anda tentang produk ini bisa lebih detail, related postnya sudah kami masuk kan kedalam satu halam , yakni di My produk : Parquete dan Mozaik .
            Kisaran harga dari produk ini bervariasi antara 125 Ribu/M2 sampai dengan 250 ribu/ M2 , sesuai dengan bahan baku dan tingkat kerumitan pengerjaan barang tersebut .Bahan -bahan yang dipergunakan untuk pengerjaan dari kerajinan ini sangat bervariasi,ada yang asli dari daerah marmer Tulungagung , ada yang didatangkan dari luar daerah jawatimur, bahkan banyak juga yang diimport dari luar negeri. Kenapa semua  pengerjaan ini bersentral  didaerah kami, karena  Marmer Tulungagung sebagai sentral kerajinan batu-batuan memanglah tradisi tertua yang ada diIndonesia, paling memiliki kompetensi,teknikal skill yang profesional,tegnology terlengkap dan fasilitas lain tegnology pengerjaan yang tidak anda temui didaerah lainnya . ketika anda berbicara tentang kerajinan marmer dan juga olahan-olahan batu-batuan, anda pasti akan ingat Kota Marmer Tulungagung.
             Hampir seluruh masyarakat wilayah Tulungagung selatan semuanya merupakan " pemakan Batu " itulah anekdot yang berkembang  disini.Jadi Istilah " Opo bojomu arep mbok pakan watu " disini berganti " Bojo ku memang arep tak pakan watu" ( istilah jawa: Sindiran untuk seorang lelaki yang belum siap menikah karena belum punya pekerjaan tetap : Red ). Jadi jangan sampai anda menghina warga kami yang memang hampir semuanya  " pemakan batu " anda akan kecele..... banyak sekali warga kami yang sukses dan tertata mantap perekonomiannya karena mereka  menekuni kerajinan batu ,"alias  Jadi Pemakan batu ".........
Ahh...Ngelantur....Sorry...Brow...
         Kembali  bercerita tentang  produk Parquete dan mozaik ini, produk parquete marmer dan mozaik marmer ini telah di kirim keberbagai kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Medan , Surabaya, Denpasar, Yogyakarta dan lain-lainnya. Sentral pasar terbesar untuk kerajinan mozaik marmer dan parquete ini adalah daerah Denpasar dan Yogyakarta, bahkan tidak jarang para desingner dari Denpasar dan Yogyakarta pun berpartisipasi untuk membuat varian-varian baru dengan kreatifitas mereka.Sebuah simbiosis Mutualisma dan kerjasama yang sangat berpengaruh pada perkembangan seni batu-batuan didaerah marmer Tulungagung.
            Sebenarnya pemasaran produk ini diperkirakan adalah 90 % untuk pangsa pasar luar-negeri, kalaupun ada pangsa pasar dalam negeri ini hanya terbatas pada  sektor perhotelan dan Perumahan mewah saja, dan dua daerah besar  yakni Denpasar dan Yogyakarta hanya merupakan transit dagang dan pemesanan.Akan tetapi kontribusi besar dari dua daerah tersebut pulalah yang turut memperbesar khasanah seni kerajinan marmer Tulungagung.Selain dikenal sebagai daerah Seni, Yogya dan Denpasar merupakan daerah favorit  industri wisata para touris  mancanegara .


UNTUK KETERANGAN LENGKAP SILAHKAN HUBUNGI :

WELLA PRADISKA
No.HP : 082141677770 - 085649718777
Pin BBM : 5D975BE2

IRA MAYA
No.HP : 081333675088 - 085852626380
Pin BBM : 59F924B2

MEY RENI
No.HP : 081234975533 - 085784343885
Pin BBM : D19AEAB3

MyFreeCopyright.com Registered & Protected