Minggu, 15 Januari 2012

PRODUK KIJINGAN DAN MAKAM MARMER PART_1


Makam Marmer @ Marmer Tulungagung Online
MENGENAL BAGIAN-BAGIAN KIJINGAN ATAU MAKAM MARMER
Sebagai penanda kubur ,kita telah mengenal adanya pemakaman, yang lazim disebut sebagai pekuburan atau makam saja, didaerah kami barang penanda kubur ini lazim disebut sebagai Kijingan, yakni bentuk penanda kubur berupa bangunan kecil yang berbentuk segi empat, dengan  2 tiang  pancang kecil  diatasnya. Tiang pancang ini disebut sebagai batu nisan. Perkembangan sejarah marmer Tulungagung mencatat, kerajinan makam marmer ini telah berkembang diawal  sentral kerajinan ini dimulai.Sebagai seni  kerajinan yang beusia sangat tua tentunya telah banyk inovasi produk dan varian yang telah dikembangkan oleh para pengrajin kami dikota marmer Tulungagung  ini. Seni kerajinan pemakan dimulai dengan mengenalkan makam cetak dari semen dan traso, kemudian setelah tegnology terknik pengerjaan ini mengalami  perkembangan , makam marmer pun dirilis pertama kali sekitar tahun 1966.

Makam atau kijingan marmer ini biasanya terdiri dari 3 bagian, yaitu:

Dasar Makam @ Marmer Tulungagung Online

1.       DASAR MAKAM, atau sering disebut  sebagai plendes makam,Barang ini berbentuk segi empat, dengan ukuran standart pemakaman Panjang =165 CM,Lebar =50-65 CM, Tinggi= 20 CM,barang ini terletak di dasar makam, sebagai tempat membangun pondasi makam, biasanya pemasangan yang dilakukan Tukang memberikan ikatan semen-pasir  sebagai perekat permanent antara makam dan tanah pekuburan.
Badan Makam marmer sedang disetel  tanpa Nisan
2.       BADAN MAKAM, ini merupakan bagian utama dari kerajinan makam ini,berbentuk segi empat, dengan variasi bangun yang bermacam-macam, ada yang mempergunakan balok kotak lurus, ada yang menggunakan pola trapezium, dan ada yang menggunakan pola bentuk  trapezium bersudut.Macam pola yang dikembangkan ini biasanya berawal dari pesanan dari luar daerah yang mempengaruhi perkembangan design makam marmer diTulungagung.

Batu Nisan Mahkota @ Marmer Tulungagung Online

3.       BATU NISAN.ATAU TIANG NISAN,batu tiang ini terdiri dari 2 buah tiang kecil yang ditulisi dengan nama almarhum yang meninggal, untuk pola nisan yang berbentuk mahkota  nama dan tanggal wafat biasanya tertera di bagian badan makam, karena bentuk mahkota ini tidak memungkinkan ditulis nama pada nisan tersebut , karena bentuk dasarnya adalah tabung.
Batu nisan standart bisa ditulisi dengan nama Almarhum dan tanggal wafatnya.Untuk pemakaman China ,tulisan pemakaman ini memuat seluruh keluarga besar mereka.Untuk memberikan kenang-kenangan dan juga sebuah filsafat luhur akan ingat kematian,dengan mengingat kematian maka kita tidak akan menyia-nyiakan kehidupan ini dengan sesuatu yang tidak bermanfaat,itu dituturkan oleh customer saya dari warga Chinesse, yang menjadi langganan saya sejak tahun 1998 yang lalu sampai dengan sekarang.Beliau adalah seorang penunggu makam ,atau juru kunci disebuah makam China di daerah Mojokerto.
 Varian makam atau kijingan ini tidak hanya pada variasi batu nisannya,akan tetapi juga berkembang kepada bentuk badan makamnya.Denganmunculnya berbagai variasi bentuk makam ini maka anda akan lebih leluasa untuk membuatkan penanda kubur yang terhormat  bagi orang-orang kehormatan dalam keluarga  dan yang sangat kita cintai.
Secara teknik bahan baku yang dipergunakan , makam marmer ini ada dua macam jenis yang dikembangkan oleh pengrajin marmer Tulungagung, yakni :
A.       BENTUK MAKAM PLAT  SAMBUNG.
Bahan yang dipergunakan untuk BENTUK MAKAM PLAT SAMBUNG ini adalah plat-plat marmer yang dipotong-potong menurut bidang bentuk yang diinginkan , kemudian diberi Resin sebagai pengikat bentuk tersebut.Harga makamdengan bahan ini sangatlah murah , dengan kisaran harga Rp 2.750.000,- sampai dengan 4 Juta rupiah saja.Dengan memperoleh bentuk makam yang sama, dengan bentuk balok utuh,anda sduah bisa memberikehormatan untuk orang tercinta kita.Kelebihan produk Bintang Antik Sejahtera dalam memproduksi makam dengan teknikplat sambung ini adalah pengikat tambahan di sudut yang berjumlah minimal 3 buah , ini hanya bisa di lihat didalam bangun Badan marmer dan dasar makam.Dengan teknik 3 pengikat inimaka kami berani member garansi keutuhan makam sampai dengan 5 Tahun, all service and spare-part, ini pinjam istilah  garansi engine sepedamotor dan mobil.
B.      BENTUK MAKAM BALOK UTUH.
Bahan makam ini terdiri dari balokan utuh,yang memang dari alamnya bentuknya sudah besar.Ini yang membuat barang ini istimewa.Bahan ini didapatkan dari alam dengan membentuk pola balokan kotak besar, ukuran standartnya adalah Panjang 165-170 CM untuk Dasar makam, tinggi Badan makam 55 CM- 65 CM, Lebar standartnya adalah 60-65 CM.Sebagai mana teknik plat sambung, makam ini juga tetap terdiri dari 3 bagian , seperti yang telah kami jelaskan diatas.Untuk makam jenis ini harganya memang lumayan lebih mahal,harga terendah yang pernah kami produksi adalah sekitar 4 Juta_an, selanjutnya harga akan menyesuaikan bahan dan tingkat kesulitan design yang anda perlukan.

DAPATKAN BONUS KALIGRAFI DOA  ZIARAH KUBUR, DENGAN CARA:

1. PESAN SEKARANG…TINGGALKAN COMENTAR DIKOLOMKOMENTAR DIBAWAH INI,.???kami akan mencatat anda sebagai pemesan PRODUK .Pemesanan dilakukan maksimal dalam waktu satu bulan setelah komentar dikolom dibawah ini, karena biasanya memerlukan diskusi antar anggota keluarga untuk memilih varian produk dan jenis bahan baku, serta budget anggaran.
2.PEMESANAN PRODUK DISETIAP BULAN RAMADHAN …..ini menjadi tradisi kami sejak lama…karena kebiasaan orang Jawa,selalu menziarahi makam keluarga ini di awal dan akhir bulan Ramadhan….KALIGRAFI BIASANYA MERUPAKAN DOA KUBUR UNTUK ALMARHUM.

UNTUK KETERANGAN LENGKAP SILAHKAN HUBUNGI :

WELLA PRADISKA
No.HP : 082141677770 - 085649718777
Pin BBM : 5D975BE2

IRA MAYA
No.HP : 081333675088 - 085852626380
Pin BBM : 59F924B2

MEY RENI
No.HP : 081234975533 - 085784343885
Pin BBM : D19AEAB3


 Untuk Keterangan terlengkap dan Terupdate dalam hal Kerajinan Makam ini silahkan anda kunjungi Blog saya disini :  Pabrik Makam Marmer | Kijing | Nisan | Pusara

Tags :